:: Program Pengembangan ::
Untuk mencapai visi pada AT-AUB Surakarta menjadi pusat unggulan berkualitas di bidang teknologi rekayasa yang diterima keberadaanya oleh masyarakat baik nasional maupun internasional. Artinya bahwa AT-AUB Surakarta dikembangkan dan dijalankan untuk peningkatan kualitas, sehingga lulusan yang dihasilkan mempunyai kualitas yang dapat berkompetisi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan rencana pengembangan untuk memberdayakan kemampuan akademik melalui Leadership, Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management, Sustainability serta Efficiency dan Productivity.

Dalam mengemban tugas menghasilkan tenaga ahli madya yang profesional bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, maka dirumuskan rencana pengembangan sebagai berikut :


1. Meningkatkan kualitas dan edukasi sumberdaya manusia

·       Mengirimkan staf pengajar untuk studi lanjut yang lebih kompetensi di bidang teknologi.

·       Mengadakan dan mengikutsertakan staf akademik dalam workshop, pelatihan, lokakarya, penataran, kursus dan sebagainya sebagai sarana peningkatan kualitas diri.

2.  Melengkapi sarana dan prasarana akademik

·       Melengkapi sarana dan prasarana laboratorium yang memadai.

·       Melengkapi sarana dan prasarana akademik.

·       Meningkatkan dukungan keuangan, jurnal dan penerbitan ilmiah baik kualitas dan kuantitas tingkat akademik bagi dosen dan mahasiswa.

3.  Meningkatkan dan mengembangkan sumber dana lembaga

·       Merintis pendirian lembaga usaha mandiri, pemberdayaan masyarakat ekonomi lemah,  proyek bengkel dan produksi secara terpadu.

·       Meningkatan kerjasama dan jaringan dengan lembaga perguruan tinggi dan industri yang kompeten.

4. Meningkatkan  kualitas  dan kuantitas pelaksanaan Tri  Dharma   Perguruan Tinggi

·       Meningkatan kualitas Proses Belajar Mengajar.

·       Meningkatakan kualitas penelitian dibidang teknologi.

·       Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat.

5. Meningkatkan atmosfer akademik

·       Adanya konsistensi dan komitmen antara aturan dan pelaksanaan.

·       Sosialisasi dan penegakan aturan yang relevan.

·       Keteladanan pemimpin dan dosen

6. Meningkatkan minat dan kemampuan akademik

·       Meningkatan minat baca, kemampuan bahasa Asing/Inggris baik percakapan maupun baca tulis.

·       Efektivitas tugas dan belajar mandiri baik struktural dalam Proses Belajar Mengajar.

·       Meningkatkan kegiatan ilmiah penelitian, teknologi tepat guna dan pengabdian masyarakat serta pemagangan dalam industri skala besar.

·       Meningkatkan kualitas ketrampilan teknologi (life skill)  yang berjiwa enterpreneurship dan melaksanakan auditing internal semua kegiatan dan evaluasi kinerja.

Pada tahun 2006, Akademi Teknologi AUB Surakarta telah berhasil meraih Program Hibah Kompetisi A-1 (Peningkatan Manajemen dan Internal Organisasi) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidkan Tinggi selama 2 (dua) tahun berturut-turut  dan Program Hibah Peningkatan Mutu Pendidikan (PMP) untuk pengembangan kualitas pendidikan akademik.